P2M

Dalam tiga tahun terakhir, jurusan telah melaksanakan berbagai kegitan pengabdian pada masyarakat yang didanai dari berbagai sumber, baik dari Institusi dalam negeri, Institusi luar negeri, dari Direktorat Pekdidikan Tinggi (DIKTI), maupun dari Universitas Pendidikan Ganesha sendiri. Rekapitulasi penelitian tersebut disajikan pada table 7.2.1 berikut

Sumber Dana Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat 2012 2013 2014
(1) (2) (3) (4)
Pembiayaan sendiri oleh dosen  
PT yang bersangkutan 3 10 12
Depdiknas 2 2 2
Institusi dalam negeri di luar Depdiknas
Institusi luar negeri

Catatan: (*) Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri, pemerintah, dsb.)

Kegiatan dosen pada bidang pengabdian kepada masyarakat selama tiga tahun terakhir (2012-2014) adalah sebanyak 31 kegiatan, dengan jumlah dosen tetap 41 orang maka diperoleh rata-rata banyaknya kegiatan PkM  per dosen per tiga tahun (RPKM) adalah 0,9. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dosen di Jurusan PGSD melakukan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan baik. Dana yang digunakan oleh dosen Jurusan PGSD dalam melakukan kegiatan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat bersumber dari Institusi sendiri dan dari pemerintah pusat melalui Depdikbud. Hal ini menunjukkan bahwa dosen dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik dan berkualitas.