Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi jurusan. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi

Kompetensi Utama Lulusan
  1. Memahami karakteristik peserta didik usia SD/MI.
  2. Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia SD/MI dalam konteks kebinekaan budaya.
  3. Memahami cara belajar dan kesulitan belajar anak usia SD/MI.
  4. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn).
  5. Menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan bagi peserta didik SD/MI.
  6. Menguasi dan melakukan pembelajaran yang mendidik.
  7. Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn). secara kreatif dan inovatif.
  8. Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  9. Mampu meningkatkan inovasi pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK).
  10. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi untuk mengembangkan diri.
  11. Mampu berbahasa Inggris secara aktif dan pasif.
  12. Mampu mengaplikasikan statistik dalam bidang pendidikan
Kompetensi Pendukung Lulusan
  1. Memiliki kemampuan secara teoretis dan praktis pada mata pelajaran yang diampu
  2. Memiliki kebiasaan, nilai, dan kecendrungan pribadi yang menunjang perkembangan profesi.
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial, dan profesional dengan lingkungan sejawat maupun masyarakat.
  4. Memiliki kesadaran tinggi sebagai warga masyarakat, bangsa dan negara yang pancasilais.
  5. Memiliki kemandirian dan beretos kerja tinggi.
  6. Memiliki sikap budi pekerti yang baik.
Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
  1. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Bahasa Bali untuk mendukung pembelajaran di SD/MI.
  2. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Bali
  3. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Bahasa Inggris untuk  mendukung pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia SD/MI.
  4. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris.
  5. Memiliki keterampilan mendukung kehidupan di masyarakat.
  6. Mampu menguasai bidang kewirausahaan.