Jenis Pelayanan
No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2)  (3)
1 Bimbingan dan konseling  a. Pembimbing Akademik,1.   Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin sepanjang masa studi mahasiswa dalam setiap semesternya.

2.   Kegiatan bimbingan akademik dilakukan dalam rangka bimbingan pengisian KRS online, Legalisasi Kartu Hasil Studi, Legalisasi KRS, revisi KRS, bimbingan masalah akademik,  memberikan peringatan kepada mahasiswa yang berprestasi rendah, bimbingan pengambilan remidiasi, dan lain-lain.

3.   Hasil kegiatan ini adalah adanya pemilihan Mata Kuliah dan tema skripsi yang lebih terarah, dengan harapan mahasiswa bisa lulus tepat waktu.

b. Bimbingan Tugas Akhir (Skripsi),

1.   Pembimbingan skripsi diharapkan dapat dilakukan minimal setiap minggu sekali. Dengan demikian, perkembangan aktivitas penelitian dan penulisan karya ilmiah yang dilakukan mahasiswa bisa terpantau secara rutin. Sehingga, tugas akhir (skripsi) mahasiswa bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari satu semester.

2.   Aktivitas pembimbingan skripsi dicatat dalam sebuah kartu kontrol, kartu kontrol yang ada akan dikumpulkan kembali pada saat akan mendaftar ujian skripsi.

3.   Hasil kegiatan ini adalah rerata lama penyelesaian skripsi/Tugas Akhir mahasiswa  menjadi lebih cepat.

c.  Bimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),

1.   Dilaksanakan setiap tahun, dimulai dari bimbingan pemilihan tema dan bidang PKM, penyusunan proposal PKM,

2.   Apabila nantinya proposal diterima dan didanai, maka pembimbingan akan berlanjut untuk pelaksanaan, persiapan monitoring dan evaluasi, sampai dengan penyusunan laporan akhir,

3.   Hasil kegiatan ini adalah dibiayainya beberapa proposal PKM, dengan dana dari DIKTI.

d. Bimbingan Konseling (BK)

1.   Kegiatan ini dilakukan oleh Unit Bimbingan Konseling (UBK), terdiri dari bimbingan belajar dan bimbingan karier. Bimbingan belajar diperuntukkan kepada mahasiswa yang memiliki IPK di bawah 3,0. Hal ini dilakukan untuk memenuhi syarat administrasi dalam melamar pekerjaan. Sedangkan bimbingan karier diberikan pada semua mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa di bidang tertentu selain bidang keguruan, seperti memiliki keahlian di bidang kewirausahaan (entrepreneurship)

2.   Hasil kegiatan ini diharapkan IPK mahasiswa mengalami peningkatan dan mahasiswa memiliki keterampilan kewirausahaan.

2 Minat dan bakat (ekstrakurikuler) a. Minat dan bakat (hobby):1.   Untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, Universitas Pendidikan Ganesha telah membentuk berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui wadah UKM tersebut, mahasiswa Undiksha bisa menyalurkan minat, bakat dan kreativitas yang ada pada diri mahasiswa tersebut di bidang yang diminati, misalkan: cabang olahraga dan kesenian.

2.   Universitas Pendidikan Ganesha juga memfasilitasi penyaluran minat, bakat, dan hoby mahasiswa dengan membangun dan menyediakan sarana serta berbagai fasilitas pendukungnya.

3.   Pada tingkat Jurusan, mahasiswa diberikan arahan dan kesempatan minimal memilih salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa bersangkutan seperti  dalam bidang seni (seni musik, seni tabuh, seni tari dan drama) atau bidang olah raga (sepak bola, Volly, Basket, dan lain-lain)  yang dikelola langsung oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan dengan didampingi oleh Pembimbing Kemahasiswaan di tingkat Jurusan.

4.   Hasil kegiatan ini adalah beberapa mahasiswa mampu menjadi juara pada ajang perlombaan di bidang seni maupun bidang olah raga.

b. Minat dan bakat (jiwa kepemimpinan)

1.   Dalam rangka pengembangan jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa, maka Universitas Pendidikan Ganesha menyediakan wadah untuk pengembangan hal tersebut dalam bentuk pembentukan Organisasi Kemahasiswaan. Di tingkat Universitas adalah: Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), di tingkat fakultas adalah Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), dan di tingkat Jurusan adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

2.   Di samping itu, Undiksha juga memfasilitasi pembentukan jiwa kepemimpinan melalui kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan yang terstruktur di bawah koordinasi Himpunan mahasiswa Jurusan dan Senat Mahasiswa Universitas/Fakultas ataupun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa.

3.   Hasil kegiatan ini adalah tumbuh dan berkembangnya jiwa kepemimpinan mahasiswa dan banyaknya alumni telah mampu memimpin berbagai organisasi baik di kampus maupun di masyarakat, seperti: ketua/pengurus senat, ketua/pengurus HMJ, ketua/pengurus STT, dan lain-lainnya.

3 Pembinaan soft skills a.   Kewirausahaan.1.   Seminar soft skills tentang Kewirausahaan yang dilakukan oleh SEMA Fakultas Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah (1) untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam bidang Kewirausahaan, (2) untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mahasiswa/alumni memiliki pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang mengutamakan inovasi, kreativitas dan kemandirian.

2.   Untuk membina dan mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan, ditingkat universitas dibentuk Koperasi Mahasiswa Undiksha (Kopma-Undiksha). Di sini mahasiswa dilatih untuk mengelola beberapa bidang usaha Kopma-Undiksha, sehingga memiliki pengalaman praktis empiris dalam pengelolaan usaha mandiri.

3.   Hasil kegiatan ini adalah adanya beberapa mahasiswa yang berhasil mendapatkan hibah dana PKM bidang kewirausahaan dan program mahasiswa wirausaha (PMW), seperti: usaha dodol, rental sepeda, jual pulsa listrik, dan bimbingan belajar.

b. Orientasi dan motivasi diri

1.   Pembinaan soft-skill selalu dilakukan pada saat orientasi mahasiswa baru, di Undiksha dikenal dengan nama Orientasi Kehidupan Kampus. Dalam program ini, mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti berbagai aktivitas dan kegiatan yang pada intinya menumbuhkan semangat dan motivasi diri dalam belajar, serta meningkatkan sikap disiplin dan kesetiakawanan.

2.   Hasil kegiatan ini adalah adanya beberapa mahasiswa yang berprestasi di bidang akademis dan non akademis. Misalnya: Lomba Esay, lolos pimnas.

4 Beasiswa  Memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk memperoleh berbagai jenis beasiswa, antara lain:1.   Beasiswa Bidik Misi, penerima :  angkatan 1 semester 8 = 15 mahasiswa, angkatan 2 semester 6 = 34 mahasiswa, angkatan 3 semester 4 = 59 mahasiswa, angkatan 4 semester 2 = 53 mahasiswa.

2.   Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), penerima : 57 mahasiswa

3.   Beasiswa BBP-PPA , penerima : 67 mahasiswa

4.   Beasiswa SUPERSEMAR, penerima : 8 mahasiswa.

5 Kesehatan  a. Layanan Pengobatan dan Konsultasi Kesehatan1.   Keberadaan Poliklinik Undiksha telah memberikan pelayanan pengobatan dan konsultasi kesehatan bagi mahasiswa Undiksha dan seluruh civitas akademika di Undiksha, termasuk juga Mahasiswa Jurusan PGSD.

2.   Hasilnya adalah kondisi kesehatan mahasiswa jurusan PGSD menjadi lebih baik, serta dengan konsultasi kesehatan mahasiswa terhindar dari obat-obatan terlarang.

b. Undiksha Cleen And Green

1.   Mendorong gaya hidup yang sehat dari mahasiswa dengan melakukan program cleen and green di antaranya berupa penghijauan di lingkungan kampus dan pembersihan di objek-objek yang dinilai vital seperti eks Pelabuhan Buleleng.

2.   Hasi kegiatan ini adalah lingkungan kampus menjadi bersih dan asri.

c. Fitnes center

1.   Undiksha menyediakan fitnes center yang bisa dimanfaatkan mahasiswa dengan biaya yang sangat minimal. Fitnes center tersebut terletak di gedung Fakultas Olahraga dan Kesehatan, seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa PGSD diberikan kesempatan menggunakan fasilitas yang ada.

2.   Hasil kegiatan ini adalah kondisi mahasiswa menjadi lebih sehat dan bugar.