Alumni

Wadah forum komunikasi untuk alumni, yaitu Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Jurusan PGSD yang anggotanya adalah seluruh alumni Jurusan PGSD yang sekaligus juga sebagai keluarga IKA Jurusan Undiksha yang anggotanya adalah alumni yang berasal dari seluruh fakultas yang ada di Undiksha. Khusus IKA Jurusan PGSD baru berjalan 2 tahun. Perkumpulan informal di setiap angkatan ternyata sangat erat, terutama dengan berbagai media sosial melalui jaringan internet yang ada sekarang.

Ikatan Keluarga Alumni Jurusan PGSD Undiksha memiliki susunan pengurus formal yang dipilih di antara para alumni sendiri. Program-program untuk alumni dirancang oleh IKA Jurusan PGSD Undiksha sendiri, termasuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan program-program tersebut.

Strategi IKA Jurusan PGSD dalam membangun dan mengembangkan jaringan alumni melalui penguatan jejaring sosial,seperti : facebook dan bbm. Melalui jejaring sosial ini, para alumni yang belum ikut serta dalam IKA Jurusan PGSD diharapkan ikut bergabung dalam kegiatan IKA Jurusan PGSD khususnya dalam bidang pengembangan akademik maupun non akademik Jurusan PGSD.

Partisipasi yang telah terealisasikan oleh alumni dalam mendukung pengembangan akademik di Jurusan PGSD, yaitu melakukan kegiatan seminar akademik tentang Kurikulum 2013 dan implementasinya, yang melibatkan guru-guru SD, alumni dan mahasiswa Jurusan PGSD sebagai peserta seminar. Umpan balik yang diharapkan dari kegiatan ini adalah perlunya sosialisasi tentang kurikulum 2013 kepada mahasiswa dan para guru SD.  Seminar akademik telah dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Maret 2014.

Partisipasi yang telah terealisasi oleh alumni dalam mendukung pengembangan kegiatan non akademik di jurusan PGSD, meliputi :

  1. Memberikan sumbangan dana untuk menunjang proses pembelajaran di Jurusan PGSD
  2. Memberikan sumbangan buku yang terkait dalam proses pembelajaran. Buku-buku yang disumbangkan diutamakan untuk menunjang pembelajaran lima mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, IPS, dan PKn).
  3. Memberikan sumbangan berupa rak buku. Rak buku ini dipergunakan untuk menempatkan buku-buku ataupun dokumen-dokumen Jurusan PGSD.
  4. Membuat jaringan komunikasi yang efektif dan intensif dengan membuat grup IKA Jurusan PGSD FIP Undiksha pada jejaring sosial. Dengan alamat grup fb (IKA Jurusan PGSD FIP UNDIKSHA).